Kamis 24 Maret 2022, diperingati sebagai Hari Tuberkulosis Sedunia 2022 yang mengangkat tema “INVESTASI UNTUK ELIMINASI TBC, SELAMATKAN BANGSA!”

Peringatan Hari TBC Sedunia 2022 merupakan momen sangat baik untuk mengadakan kampanye penyebarluasan iformasi kepada masyarakat dalam meningkatkan kesadaran masyarakat pencegahan dan pengendalian TBC. Dalam peringatan HTBS Kabupaten Bojonegoro mengadakan kegiatan “KETUK PINTU” pada tanggal 21 – 26 Maret 2022 yang melibatkan Pengelola Program TBC Puskesmas dan 473 Kader TB-HIV se Kabupaten Bojonegoro dengan kunjungan rumah ke rumah  untuk melakukan komunikasi informasi dan edukasi tentang TBC serta skrining TBC kepada seluruh anggota keluarga, bila ditemukan anggota kelurga terduga TBC dilakukan penegakan diagnosa dengan pemeriksaan dahak dengan mesin TCM di Fasilitas Pelayanan Kesehatan yaitu di Puskesmas Padangan, Dander, Temayang, Kedungadem, RSUD Dr. R. Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro dan RSUD Sumberrejo. Semua kasus TBC yang ditemukan dilakukan pengobatan sesuai standar sampai tuntas dan gratis.       

Penyakit TBC dapat disembuhkan, angka kesembuhan TBC di Kabupaten Bojonegoro selama 5 tahun terakhir telah mencapai target > 90%, pada tahun 2017 pencapaian 96%, tahun 2019 pencapaian 98%, tahun 2020 pencapaian 94%, tahun 2020 pencapaian 93% dan tahun 2021 pencapaian 97%, dengan keberhasilan pengobatan TBC ini Kabupaten Bojonegoro mendapatkan penghargaan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia atas Prestasi Meraih Capaian Tertinggi Cakupan dan Keberhasilan Pengobatan Tuberkulosis Tahun 2018-2019 tingkat Nasional.     

Bagi warga masyarakat mengalami gejala batuk berdahak 2 minggu atau lebih, dahak bercampur darah, batuk darah, sesak nafas, badan lemas, nafsu makan menurun, berat badan menurun, malaise, beringkat pada malam hari tanpa aktifitas fisik, demam meriang lebih satu bulan segera berobat ke Puskesmas se Kabupaten Bojonegoro untuk dilakukan penegakan diagnisa TBC dengan pemeriksaan dahak dengan mesin TCM secara gratis.

 

SALAM TOSS

Temukan, Obati, Sampai Sembuh !


By Admin
Dibuat tanggal 28-03-2022
558 Dilihat
Bagaimana Tanggapan Anda?
Sangat Puas
50 %
Puas
4 %
Cukup Puas
0 %
Tidak Puas
46 %